Saturday, March 19, 2011

Tradisi Unik, Peringati Maulid dengan Festival Silat


Jakarta (LiraNews) – Dalam memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1432 Hijriyah, lembaga nirlaba Dompet Dhuafa (DD) menggelar serangkaian program pemberdayaan seni beladiri Betawi. Acara ini dikemas dalam acara bertajuk “Festival Kampoeng Silat Jampang”, yang diadakan di Pejaten Village, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (7/12/10).

Direktur Program Dompet Dhuafa Arifin Purwakananta mengatakan, acara ini digagas untuk menghidupkan kembali semangat menyambut tahun baru Hijriyah yang dirasa sudah agak memudar beberapa tahun belakangan.

“DD menggelar acara sholawatan diiringi marawis sambil mengembangkan seni silat, mendukung para guru silat yang biasanya juga para ustadz di kampung-kampung, menyantuni yatim dan para guru silat sambil mendorong pemberdayaan melalui budaya asli daerah Betawi,” kata Arifin.

Menurut Arifin, kegiatan ini bagian dari program pemberdayaan melalui komunikasi dan budaya yang dijalankan DD. Dalam kelompok ini ada program radio komunitas, pemberdayaan seni, dan pemberdayaan anak jalanan, Kampoeng Silat Jampang (KSJ), serta lainnya.

“DD mendorong hadirnya kampung silat di berbagai daerah. Nanti akan ada Kampoeng Silat Tenabang, Minangkabau, Sukabumi, Madura, NTB, Lampung, dan sebagainya. Seluruh Indonesia akan bergairah menjaga seni dan budaya Islam ini. Program ini sekaligus untuk membantu dan memberdayakan perguruan dan para guru silat,” tambah Arifin. (luk)

No comments:

Post a Comment